Kubis Coworking Space PLUT KUMKM Jl. Abdul Gani Atas - Kota Batu
0857-4966-5700
haris@narasumber.id / narasumber.id@gmail.com

Silabus dan Sistem Pembelajaran Studi Independen Digitalisasi UMKM

Narasumber dan Trainer Koperasi Tingkat Nasional

SIB Digitalisasi UMKM Kampus Merdeka 2023

Studi Independen Digitalisasi UMKM mendidik mahasiswa untuk menjadi agen perubahan digitalisasi UMKM di daerahnya masing-masing dengan sertifikasi kompetensi BNSP. Studi Independen Digitalisasi UMKM akan memberikan pendidikan dan pembimbingan kepada mahasiswa peserta program secara online baik secara sinkron melalui zoom maupun asinkron melalui e-learning platform dan grup media sosial. Materi pembelajaran yang diberikan dalam program SIB Digitalisasi UMKM mencakup aspek konsep berpikir analisis dan kreatif sampai dengan kemampuan teknis yang diperlukan dalam mengkonversi UMKM konvensional menjadi terdigitalisasi baik dalam tata kelola maupun tata usahanya. Di akhir masa program SIB Digitalisasi UMKM, peserta akan mendapatkan Sertifikat Kelulusan dan berkesempatan untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi BNSP bagi peserta yang lulus uji kompetensi.

studi independen digitalisasi UMKM

Modul Pembelajaran Studi Independen Digitalisasi UMKM

Analisis Kelayakan Bisnis

Learn Objective: Analisis Kelayakan Bisnis

Targeted Skill Level: Peserta dapat menganalisis kelayakan sebuah ide bisnis atau usaha UMKM

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik terhadap Lean Canvas dan Business Model Canvas untuk mengukur kelayakan sebuah bisnis dan validasi ide bisnis UMKM sebelum dijalankan, maupun untuk meningkatkan nilai bisnis UMKM yang sudah berjalan.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Kemampuan Hard Skill yang harus dikuasai peserta dalam modul ini:
– Mengidentifikasi Customer Segments
– Manganalisia Value Propositions
– Membuat Customer Relationships
– Memanfaatkan Channels
– Mengidentifikasi Key Partners
– Mengidentifikasi Key Activities
– Menganalisa Key Resources
– Membuat perhitungan Cost Structure
– Membuat perhitungan Revenue Streams
Soft-Skill yang harus dimiliki peserta setelah mengikuti modul ini:
– Detail-oriented
– Critical Thinking
– Creative Thinking
– Flexibility Negotiation
– Time Management

Branding / Visual Identity

Learn Objective: Branding / Visual Identity

Targeted Skill Level: Peserta mampu untuk menganalisis kebutuhan UMKM dan merancang Branding/Visual Identity Produk/Jasa UMKM

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik dalam menyusun identitas visual sebuah usaha untuk keperluan branding atau mengenalkan brand image kepada calon customer UMKM di segmentasi pasarnya.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis Brand Identity Sebuah Produk
– Membuat Visual Identity menyangkut Produk dan Jasa
– Mengkaji Graphic Standart Manual Sebuah Produk

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Creative Thingking
– Detail-oriented

Desain Grafis

Learn Objective: Desain Grafis

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Desain Grafis yang sesuai

Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep desain grafis dan praktik menggunakan tool-tool desain grafis yang akan memudahkan dalam proses desain grafis bagi UMKM.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Mengaplikasikan GSM (Graphic Standart Manual)
– Membuat Layout dan Template Sosial Media

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Detail-oriented
– Creative Thinking

Foto Produk

Learn Objective: Foto Produk

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Foto produk yang sesuai

Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep fotografi yang baik dan benar dan praktik menggunakan kamera beserta properti-properti pendukung foto produk UMKM.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis visualisasi produk
– Membuat konsep visual yang sesuai dengan produk
– Menganalisis basic skill lighting, angle, dan komposisi

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Communication
– Creative Thinking
– Detail-oriented

Video Produk

Learn Objective: Video Produk

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Video produk yang sesuai

Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep videografi yang baik dan benar dan praktik menggunakan kamera beserta properti-properti pendukung video produk UMKM.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Membuat konsep video yang sesuai dengan produk
– Membuat naskah video produk
– Mengaplikasikan naskah ke dalam storyboard

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking
– Creative Thinking
– Presentation

Pengelolaan Media Sosial

Learn Objective: Pengelolaan Media Sosial

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan Digitalisasi UMKM akan Media Sosial yang sesuai bagi jenis usaha dan segmentasi UMKM

Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada berbagai macam media sosial yang ada beserta karakteristiknya dan praktik menggunakan sosial media sebagai pendukung branding dan marketing produk.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik media sosial sebagai channels
– Membuat desain media sosial yang representatif

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik media sosial sebagai channels
– Membuat desain media sosial yang representatif

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Creative Thinking

Pengelolaan Marketplace

Learn Objective: Pengelolaan Marketplace

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis demografi pangsa pasar dan memanfaatkan berbagai marketplace untuk media penjualan UMKM

Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia yang ada beserta karakteristiknya dan praktik menggunakan marketplace sebagai pendukung branding dan marketing produk.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik marketplace sebagai channels
– Mengaplikasikan marketplace menjadi etalase produk

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Creative Thinking

Digital Marketing Communication

Learn Objective: Digital Marketing Communication

Targeted Skill Level: Peserta mampu mempraktikkan Ilmu Komunikasi Pemasaran dengan baik dan benar sesuai kaidah public speaking for business untuk Digitalisasi UMKM.

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik dalam ilmu komunikasi pemasaran digital yang baik (public speaking for business) untuk melayani calon customer dan pelanggan di segmentasi pasar UMKM.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis dasar-dasar komunikasi
– Mengkomunikasikan sesuatu dalam tulisan
– Menganalisa dasar-dasar presentasi dan body language
– Mampu berkomunikasi dan menerjemahkan produk atau jasa secara verbal

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Basic Communication
– Writing and Reading
– Presentation
– Public Speaking

Pengelolaan Google Business Profile

Learn Objective: Pengelolaan Google Business Profile

Targeted Skill Level: Peserta mampu membuat dan mengelola Google Business Profile untuk UMKM

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembuatan Google Business Profile (sebelumnya Google My Business) untuk membangun representasi bisnisnya secara online di Google Maps.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis pentingnya visibilitas online perusahaan.
– Menambahkan Titik di Google Map.
– Mengelola Bisnis di Google Map.

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Detail-oriented

Pembuatan Website atau Landing Page

Learn Objective: Pembuatan Website atau Landing Page

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan Digitalisasi UMKM dan menghasilkan Web/Landing Page yang sesuai

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembuatan website dan landing page menggunakan platform Google Sites dan WordPress Self-Hosted untuk membangun representasi bisnisnya secara online di dunia internet.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Membuat Landing Page dengan Google Sites
– Membuat Website dengan WordPress
– Mengelola Theme WordPress
– Mengelola Konten
– Membuat CTA

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking
– Creative Thinking

Pengelolaan Keuangan (Akuntansi) Bisnis Digital

Learn Objective: Pengelolaan Keuangan (Akuntansi) Bisnis Digital

Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis alur keuangan UMKM dan menggunakan aplikasi keuangan untuk pencatatan dan pelaporan sebagai Digitalisasi UMKM.

Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembukuan keuangan dan pencatatan transaksi menggunakan aplikasi untuk menghasilkan laporan keuangan secara otomatis untuk keperluan pendanaan oleh perbankan maupun oleh investor.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Mengkaji Dasar-dasar Akuntansi
– Menganalisa konsep Siklus Akuntansi
– Membuat konsep Sistim Informasi Akuntansi
– Mengaplikasikan Akuntansi dalam bisnis UMKM dengan penerapan SAK-EMKM

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Detail-oriented
– Analytical Thinking Compliance

Persiapan dan Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP

Learn Objective: Persiapan dan Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP

Targeted Skill Level: Peserta dapat mengikuti proses uji kompetensi pada LSP BNSP

Learning Details: Peserta akan dipandu untuk mengikuti proses pra-assesment dan assesment oleh LSP yang sudah mendapatkan legalisasi untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi BNSP di bidang yang relevan seperti Digital Marketing atau Social media Marketing.

Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning

Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.

Hard Skill yang harus dikuasai:
– Unit Kompetensi sesuai Skema yang dipilih

Soft Skill yang harus dimiliki:
– Communication Presentation
– Public Speaking
– Analytical Thinking
– Detail-oriented

Informasi lain tentang Program Studi Independen Digitalisasi UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *