
Studi Independen Digitalisasi UMKM mendidik mahasiswa untuk menjadi agen perubahan digitalisasi UMKM di daerahnya masing-masing dengan sertifikasi kompetensi BNSP. Studi Independen Digitalisasi UMKM akan memberikan pendidikan dan pembimbingan kepada mahasiswa peserta program secara online baik secara sinkron melalui zoom maupun asinkron melalui e-learning platform dan grup media sosial. Materi pembelajaran yang diberikan dalam program SIB Digitalisasi UMKM mencakup aspek konsep berpikir analisis dan kreatif sampai dengan kemampuan teknis yang diperlukan dalam mengkonversi UMKM konvensional menjadi terdigitalisasi baik dalam tata kelola maupun tata usahanya. Di akhir masa program SIB Digitalisasi UMKM, peserta akan mendapatkan Sertifikat Kelulusan dan berkesempatan untuk mendapatkan Sertifikasi Kompetensi BNSP bagi peserta yang lulus uji kompetensi.

Modul Pembelajaran Studi Independen Digitalisasi UMKM
Analisis Kelayakan Bisnis
Learn Objective: Analisis Kelayakan Bisnis
Targeted Skill Level: Peserta dapat menganalisis kelayakan sebuah ide bisnis atau usaha UMKM
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik terhadap Lean Canvas dan Business Model Canvas untuk mengukur kelayakan sebuah bisnis dan validasi ide bisnis UMKM sebelum dijalankan, maupun untuk meningkatkan nilai bisnis UMKM yang sudah berjalan.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Kemampuan Hard Skill yang harus dikuasai peserta dalam modul ini:
– Mengidentifikasi Customer Segments
– Manganalisia Value Propositions
– Membuat Customer Relationships
– Memanfaatkan Channels
– Mengidentifikasi Key Partners
– Mengidentifikasi Key Activities
– Menganalisa Key Resources
– Membuat perhitungan Cost Structure
– Membuat perhitungan Revenue Streams
Soft-Skill yang harus dimiliki peserta setelah mengikuti modul ini:
– Detail-oriented
– Critical Thinking
– Creative Thinking
– Flexibility Negotiation
– Time Management
Branding / Visual Identity
Learn Objective: Branding / Visual Identity
Targeted Skill Level: Peserta mampu untuk menganalisis kebutuhan UMKM dan merancang Branding/Visual Identity Produk/Jasa UMKM
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik dalam menyusun identitas visual sebuah usaha untuk keperluan branding atau mengenalkan brand image kepada calon customer UMKM di segmentasi pasarnya.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis Brand Identity Sebuah Produk
– Membuat Visual Identity menyangkut Produk dan Jasa
– Mengkaji Graphic Standart Manual Sebuah Produk
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Creative Thingking
– Detail-oriented
Desain Grafis
Learn Objective: Desain Grafis
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Desain Grafis yang sesuai
Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep desain grafis dan praktik menggunakan tool-tool desain grafis yang akan memudahkan dalam proses desain grafis bagi UMKM.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Mengaplikasikan GSM (Graphic Standart Manual)
– Membuat Layout dan Template Sosial Media
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Detail-oriented
– Creative Thinking
Foto Produk
Learn Objective: Foto Produk
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Foto produk yang sesuai
Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep fotografi yang baik dan benar dan praktik menggunakan kamera beserta properti-properti pendukung foto produk UMKM.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis visualisasi produk
– Membuat konsep visual yang sesuai dengan produk
– Menganalisis basic skill lighting, angle, dan komposisi
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Communication
– Creative Thinking
– Detail-oriented
Video Produk
Learn Objective: Video Produk
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan UMKM dan menghasilkan Video produk yang sesuai
Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada konsep videografi yang baik dan benar dan praktik menggunakan kamera beserta properti-properti pendukung video produk UMKM.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Membuat konsep video yang sesuai dengan produk
– Membuat naskah video produk
– Mengaplikasikan naskah ke dalam storyboard
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking
– Creative Thinking
– Presentation
Pengelolaan Media Sosial
Learn Objective: Pengelolaan Media Sosial
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan Digitalisasi UMKM akan Media Sosial yang sesuai bagi jenis usaha dan segmentasi UMKM
Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada berbagai macam media sosial yang ada beserta karakteristiknya dan praktik menggunakan sosial media sebagai pendukung branding dan marketing produk.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik media sosial sebagai channels
– Membuat desain media sosial yang representatif
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik media sosial sebagai channels
– Membuat desain media sosial yang representatif
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Creative Thinking
Pengelolaan Marketplace
Learn Objective: Pengelolaan Marketplace
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis demografi pangsa pasar dan memanfaatkan berbagai marketplace untuk media penjualan UMKM
Learning Details: Peserta akan dikenalkan pada berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia yang ada beserta karakteristiknya dan praktik menggunakan marketplace sebagai pendukung branding dan marketing produk.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis karakteristik marketplace sebagai channels
– Mengaplikasikan marketplace menjadi etalase produk
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Creative Thinking
Digital Marketing Communication
Learn Objective: Digital Marketing Communication
Targeted Skill Level: Peserta mampu mempraktikkan Ilmu Komunikasi Pemasaran dengan baik dan benar sesuai kaidah public speaking for business untuk Digitalisasi UMKM.
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dan praktik dalam ilmu komunikasi pemasaran digital yang baik (public speaking for business) untuk melayani calon customer dan pelanggan di segmentasi pasar UMKM.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis dasar-dasar komunikasi
– Mengkomunikasikan sesuatu dalam tulisan
– Menganalisa dasar-dasar presentasi dan body language
– Mampu berkomunikasi dan menerjemahkan produk atau jasa secara verbal
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Basic Communication
– Writing and Reading
– Presentation
– Public Speaking
Pengelolaan Google Business Profile
Learn Objective: Pengelolaan Google Business Profile
Targeted Skill Level: Peserta mampu membuat dan mengelola Google Business Profile untuk UMKM
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembuatan Google Business Profile (sebelumnya Google My Business) untuk membangun representasi bisnisnya secara online di Google Maps.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Menganalisis pentingnya visibilitas online perusahaan.
– Menambahkan Titik di Google Map.
– Mengelola Bisnis di Google Map.
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Analytical Thinking
– Detail-oriented
Pembuatan Website atau Landing Page
Learn Objective: Pembuatan Website atau Landing Page
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis kebutuhan Digitalisasi UMKM dan menghasilkan Web/Landing Page yang sesuai
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembuatan website dan landing page menggunakan platform Google Sites dan WordPress Self-Hosted untuk membangun representasi bisnisnya secara online di dunia internet.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Membuat Landing Page dengan Google Sites
– Membuat Website dengan WordPress
– Mengelola Theme WordPress
– Mengelola Konten
– Membuat CTA
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Critical Thinking
– Creative Thinking
Pengelolaan Keuangan (Akuntansi) Bisnis Digital
Learn Objective: Pengelolaan Keuangan (Akuntansi) Bisnis Digital
Targeted Skill Level: Peserta mampu menganalisis alur keuangan UMKM dan menggunakan aplikasi keuangan untuk pencatatan dan pelaporan sebagai Digitalisasi UMKM.
Learning Details: Peserta akan dikenalkan dalam teknis pembukuan keuangan dan pencatatan transaksi menggunakan aplikasi untuk menghasilkan laporan keuangan secara otomatis untuk keperluan pendanaan oleh perbankan maupun oleh investor.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Mengkaji Dasar-dasar Akuntansi
– Menganalisa konsep Siklus Akuntansi
– Membuat konsep Sistim Informasi Akuntansi
– Mengaplikasikan Akuntansi dalam bisnis UMKM dengan penerapan SAK-EMKM
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Detail-oriented
– Analytical Thinking Compliance
Persiapan dan Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP
Learn Objective: Persiapan dan Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP
Targeted Skill Level: Peserta dapat mengikuti proses uji kompetensi pada LSP BNSP
Learning Details: Peserta akan dipandu untuk mengikuti proses pra-assesment dan assesment oleh LSP yang sudah mendapatkan legalisasi untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi BNSP di bidang yang relevan seperti Digital Marketing atau Social media Marketing.
Learning Resources: E-Book, Slide Presentasi, Video, Sesi Kelas Online via Zoom, dan Tugas di E-Learning
Assessment Method: Penilaian berdasarkan hasil pre-test /post-test dan Pengumpulan Tugas pada E-learning.
Hard Skill yang harus dikuasai:
– Unit Kompetensi sesuai Skema yang dipilih
Soft Skill yang harus dimiliki:
– Communication Presentation
– Public Speaking
– Analytical Thinking
– Detail-oriented
Informasi lain tentang Program Studi Independen Digitalisasi UMKM