Kubis Coworking Space PLUT KUMKM Jl. Abdul Gani Atas - Kota Batu
0857-4966-5700
haris@narasumber.id / narasumber.id@gmail.com

KIAT-KIAT SUKSES MENDAPATAKAN PEKERJAAN DI MASA PANDEMI

Narasumber dan Trainer Koperasi Tingkat Nasional

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama proses pencarian kerja untuk mendapatkan pekerjaan bagus dengan bayaran tinggi tanpa gelar sarjana. Sebelum melamar pekerjaan, perhatikan baik-baik daftar pekerjaan. Baca deskripsi pekerjaan, dengan melihat secara khusus pada keahlian atau pengalaman yang “dibutuhkan”. Kemudian tanyakan pada diri Anda pertanyaan, “Bisakah saya melakukan pekerjaan itu?” Jika Anda memiliki sebagian besar keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu, tetapi hanya kurang memiliki gelar yang dibutuhkan, lakukanlah.

Namun, jika Anda tidak memiliki gelar dan Anda tidak memiliki banyak keterampilan atau pengalaman dan minat terhadap pekerjaan yang dibutuhkan, Anda mungkin sebaiknya tidak ingin melamar. Tidak ada gunanya membuang-buang waktu dan energi untuk melamar pekerjaan yang tidak cocok untuk Anda. Berikut adalah beberapa tips dan trik bagi Anda untuk kiat-kiat sukses mendapatkan pekerjaan di masa pandemi:

1. Pertimbangkan Mengambil Kursus

Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan gelar sarjana atau diploma, Anda selalu dapat mengambil langkah kecil dalam pendidikan Anda yang dapat mengesankan bagian HRD atau bagian rekruitmen perusahaan. Pertimbangkan untuk mengambil kursus di bidang industri yang Anda sukai. Anda kemudian dapat memasukkan kursus-kursus tersebut di bagian resume Pendidikan Anda.

2. Ikut Program Sertifikasi

Anda juga dapat menyelesaikan program sertifikasi yang terkait dengan pekerjaan itu dan memasukkannya ke dalam resume Anda. Banyak program sertifikasi yang memiliki jadwal yang fleksibel, dan beberapa bahkan bisa Anda ikuti secara online. Semua hal ini akan menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa, meskipun Anda tidak memiliki gelar sarjana, Anda sedang berusaha mengembangkan latar belakang akademis yang kuat.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan berbohong. Jangan katakan Anda memiliki gelar sarjana jika Anda hanya menyelesaikan sebagian dari studi Anda. Pemberi kerja akan memeriksa latar belakang Anda selama proses perekrutan, dan jika Anda berbohong, mereka dapat membatalkan tawaran atau bahkan memecat Anda.

3. Jaringan Sebanyak Mungkin

Jaringan adalah cara yang baik untuk mendapatkan kesempatan lebih untuk wawancara saat Anda melamar pekerjaan dan tidak memiliki gelar yang dibutuhkan. Saat Anda melamar, hubungi siapa pun yang Anda kenal di perusahaan tersebut. Beri tahu mereka bahwa Anda melamar pekerjaan, dan lihat apakah mereka bersedia menulis rekomendasi untuk Anda, atau beri tahu manajer perekrutan tentang Anda. Dalam surat lamaran Anda, sebutkan bahwa Anda berbicara dengan orang ini tentang pekerjaan itu sebagai referensi.

4. Hubungkan Hobi atau Keterampilan Anda ke Daftar Pekerjaan

Sertakan kata kunci keterampilan atau keahlian khusus Anda yang menarik dalam curriculum vitae (CV) Anda. Misalnya, jika daftar pekerjaan mengatakan pelamar harus memiliki “Pengalaman dalam desain grafis” Anda bisa mencantumkan hobi untuk desain atau menggambar di ringkasan resume Anda.

5. Tetap positif

Dalam surat lamaran Anda, hindari fokus pada kurangnya gelar Anda. Kalimat seperti, “Saya tahu saya tidak memiliki gelar sarjana, tapi …” hanya menyoroti kurangnya gelar Anda. Sebaliknya, fokuslah pada keterampilan yang Anda miliki, dan jelaskan bagaimana pengalaman kerja Anda, Pendidikan non formal, dan keahlian Anda lainnya membuat Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu. [syauqiharis]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *