Sengkaling Residence C-4 Kota Batu (Malang) Jawa Timur
0857-4966-5700
syauqiharis@gmail.com

JENIS LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI YANG HARUS ANDA KETAHUI

Narasumber dan Trainer Koperasi Tingkat Nasional

Sebagai seorang pencari kerja maupun seorang yang sedang membutuhkan tenaga kerja, wajib bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis sertifikasi profesi yang ada di negara Indonesia. Jangan sampai Anda salah pilih dan menyesal di kemudian hari dikarenakan kurangnya informasi tentang jenis-jenis sertifikasi profesi tersebut. Perbedaan jenis sertifikat ini tentunya membedakan pula kompetensi atau kemampuan kerja yang dinilai dalam proses sertifikasinya.

1. Sertifikasi Profesi Lokal

Sertifikasi Profesi Lokal biasanya diadakan oleh suatu Lembaga Sertifikasi Profesi secara internal dan tidak terafiliasi dengan badan standardisasi profesi tertentu. Sertifikasi ini tentunya berguna untuk assesmen awal terhadap kemampuan seseorang di bidang tertentu. Sertifikasi ini memberikan manfaat bagi pemegang sertifikatnya ketika ingin mendapatkan pekerjaan di daerah tertentu dimana Lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut dikenal dan memiliki reputasi yang baik. Namun jika digunakan di luar wilayah yang bersangkutan, ada risiko bahwa sertifikat tersebut tidak diakui.

2. Sertifikasi Profesi Nasional

Berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah nomor 10 tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), maka sertifikasi profesi di Indonesia ini sudah memiliki standar nasional yang diakui di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki pengakuan atas kompetensi tertentu dan kompetensi tersebut diakui secara nasional, maka pilihlah Lembaga sertifikasi profesi atau LSP yang memiliki lisensi untuk mengeluarkan sertifikat dengan logo BNSP. LSP Teknologi Digital contohnya, sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi pertama di Indonesia di bidang teknologi informasi atau teknologi digital.

3. Sertifikasi Profesi International

Adalah sertifikasi profesi yang dikeluarkan oleh perusahaan multi-nasional. Misalnya sertifikat mikrotik CCNA oleh perusahaan mikrotik untuk ahli jaringan komputer, IBM DB2 Administrator adalah sertifikat untuk ahli database oleh perusahaan IBM, Microsoft Certified adalah sertifikat untuk ahli di bidang produk Microsoft. Kelebihan dari sertifikasi ini adalah mahalnya biaya untuk mendapatkan sertifikat tersebut dan jika Anda memang tidak berniat untuk bekerja di luar negeri atau perusahaan multi-nasional, sepertinya Anda perlu mempertimbangkan sebelum mengambil sertifikasi international tersebut. [syauqiharis]

Leave a Reply

Your email address will not be published.