Pandanwangi Royalpark F-55 Malang
0857-4966-5700
syauqiharis@gmail.com

10 Cara Efektif Meningkatkan Okupansi Hotel dengan OTA (Online Travel Agent)

Narasumber dan Trainer Koperasi Tingkat Nasional

Apakah OTA itu?

OTA singkatan dari Online Travel Agent atau agen perjalanan online dan merujuk ke situs web atau platform online yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan terkait perjalanan. Contohnya termasuk paket perjalanan, pemesanan hotel, tiket penerbangan, pemesanan aktivitas, dan penyewaan mobil. Dengan demikian, fungsi OTA mirip dengan agen perjalanan berbasis toko, meskipun dengan lebih banyak opsi layanan mandiri.

Penting untuk memahami bahwa OTA beroperasi sebagai penghubung antara vendor dan pelanggan, menjual kamar hotel dan produk perjalanan lainnya atas nama pihak ketiga, daripada menjual produk perjalanan mereka sendiri. Beberapa contoh OTA yang paling populer termasuk Traveloka, Tiket.com, Expedia, Booking.com, Hotels.com dan banyak lagi lainnya.

Mengapa OTA Penting?

Agen perjalanan online penting, karena mereka memungkinkan hotel untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang mungkin tidak terjangkau. Dari perspektif pelanggan, OTA juga berfungsi sebagai platform perjalanan yang komprehensif, berpotensi memungkinkan mereka menemukan hotel, mengatur penerbangan, membaca ulasan, dan melakukan pemesanan hotel, semuanya dari satu lokasi. Hal ini membuat OTA sangat populer dan penting bagi pemilik hotel untuk berusaha bertemu dengan pelanggan di mana mereka berada.

Cloudbeds

10 Tips untuk Meningkatkan Pemesanan Hotel Anda Melalui OTA

Sementara OTA adalah saluran distribusi utama di zaman modern, mereka tidak menjamin kesuksesan sendiri dan penting untuk mengadopsi beberapa praktik terbaik. Di bawah ini, Anda akan menemukan 10 tips untuk membantu Anda meningkatkan pemesanan hotel.

1. Temukan Partner OTA yang Tepat

Langkah penting pertama adalah memastikan Anda menemukan rekanan OTA yang tepat, sehingga Anda menjangkau audiens target Anda. Ini berarti meluangkan waktu untuk meneliti berbagai OTA dan kemudian bermitra dengan yang benar. Ini juga berarti mengelola distribusi, sehingga Anda mengoptimalkan pendapatan dan laba untuk hotel Anda.

Hal utama yang perlu dipahami di sini adalah bahwa satu OTA mungkin menawarkan akses yang lebih baik ke pasar di Indonesia, sementara yang lain mungkin menawarkan akses yang lebih baik ke pelanggan Eropa atau Amerika. OTA yang berbeda mungkin menarik bagi generasi millenial daripada yang menarik bagi Gen X. Cobalah untuk memastikan partner OTA Anda memungkinkan Anda menemukan pelanggan yang perlu Anda jangkau.

2. Gunakan Channel Manager

Channel Manager adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola berbagai distribusi allotment dari titik pusat. Menggunakan satu dapat membantu Anda menghindari situasi di mana Anda perlu mengakses setiap OTA secara terpisah, satu per satu, untuk membuat penyesuaian pada hal-hal seperti harga kamar atau ketersediaan kamar.

Cloudbeds

Channel Manager dapat membantu memfasilitasi strategi penetapan harga yang jauh lebih dinamis, di mana Anda dapat melakukan penyesuaian harga pada satu OTA, atau semua OTA pada saat yang sama, tergantung pada apa yang ingin Anda capai. Kemampuan untuk melakukan ini dengan cepat dan mudah, dalam waktu nyata, membuatnya jauh lebih mudah untuk menanggapi lonjakan atau penurunan permintaan kamar hotel Anda.

3. Membangun Hubungan dengan Manajer Marketing

Sementara agen perjalanan online menawarkan banyak pilihan layanan mandiri bagi pelanggan, mereka yang berada di industri perhotelan perlu mengenali elemen manusia dalam bekerja dengan OTA dan contoh utama dari ini melibatkan pengembangan hubungan yang baik dengan manajer marketing. Melakukan hal itu mungkin mengharuskan Anda mengundang manajer marketing ke hotel Anda, atau pergi makan siang bersama mereka.

Sebagai imbalannya, manajer marketing akan lebih bersedia bekerja sama dengan Anda, membantu Anda menyusun strategi promosi dan melihat tren yang terkait dengan hotel Anda, yang dapat membantu Anda memahami ke mana Anda pergi dengan benar dan ke mana Anda salah. Seorang manajer marketing memiliki kekuatan untuk mengarahkan permintaan ke hotel Anda, jadi buat mereka layak untuk melakukannya.

4. Gunakan Foto yang Spektakuler

Ketika datang untuk menjual hotel Anda ke pelanggan potensial, gambar bernilai ribuan kata. Foto-foto berkualitas tinggi dapat membantu Anda membuat kesan pertama yang bagus dan memberi Anda kesempatan untuk menyoroti dengan jelas apa yang ditawarkan hotel Anda. Namun, ada beberapa praktik terbaik yang perlu diingat ketika membuat gambar hotel.

Gunakan peralatan terbaik dan identifikasi bagian terbaik hotel Anda. Cobalah mengambil foto yang menunjukkan orang-orang menikmati hotel Anda, daripada menunjukkan kamar kosong, dan luangkan waktu untuk mengatur hal-hal seperti yang Anda inginkan. Jika Anda mengambil foto di luar, tentukan waktu untuk menyorot cuaca yang sangat baik, atau atmosfer pemandangan waktu malam .

5. Berikan Deskripsi yang Spesial dari Hotel Anda

Saat menggunakan OTA, pelanggan cenderung melihat lebih dari satu hotel dan ini berarti Anda harus membuat hotel Anda menonjol. Selain mempromosikan kualitasnya menggunakan foto, deskripsi Anda juga memainkan peran penting. Anda perlu menggambarkan dengan jelas jenis hotel yang Anda operasikan dan apa yang ditawarkannya, tetapi Anda juga harus berusaha menjadi kreatif.

Pikirkan tentang jenis pelanggan yang Anda targetkan dan bicarakan. Jika Anda menargetkan keluarga, pastikan deskripsi Anda mengatakan bahwa Anda “berorientasi keluarga”.Ingat, Anda tidak perlu tetap menggambarkan hotel sendirian. Bicara tentang tempat wisata terdekat dan promosikan fakta bahwa hotel Anda menawarkan akses mudah ke sana.

6. Pahami Persaingan Anda

Industri perhotelan sangat kompetitif dan hotel serta saingan utama Anda cenderung bersaing untuk pelanggan yang sama pada OTA yang sama. Untuk alasan ini, penting untuk meluangkan waktu untuk mengenal pesaing Anda, memahami apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan.

Ini dapat melibatkan penelitian independen, memeriksa umpan balik online, dan memantau harga. Anda ingin memastikan bahwa harga kamar Anda tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, berdasarkan apa yang dikenakan oleh hotel serupa. Selain itu, jika Anda dapat mulai mengidentifikasi masalah dengan hotel-hotel saingan, Anda dapat mulai memohon kepada orang-orang yang mengecewakan.

7. Harga yang Tepat untuk Momen yang Tepat

Mengadopsi strategi penetapan harga yang tepat sangat penting untuk meningkatkan pemesanan hotel melalui OTA, dan penting bagi Anda untuk menagih harga yang tepat untuk saat yang tepat. Dua dari strategi penetapan harga utama melibatkan penetapan harga Anda berdasarkan permintaan, dan menjaga keseimbangan harga di semua saluran distribusi.

Strategi sebelumnya melibatkan perkiraan permintaan, berdasarkan data masa lalu, pemesanan saat ini dan tren industri yang lebih luas. Pada saat permintaan lebih tinggi, Anda dapat mengenakan biaya lebih banyak, sementara menurunkan harga saat permintaan rendah dapat membantu mengisi hotel Anda. Paritas harga (tarif yang sama untuk kamar yang sama di semua saluran distribusi, termasuk situs web Anda sendiri) sangat penting untuk diterima di beberapa platform OTA, tetapi Anda harus berhati-hati ketika menetapkan tarif standar Anda, karena OTA yang berbeda akan menagih Anda berbeda komisi untuk tarif kamar yang sama.

8. Belajar dan Memahami Ulasan Tamu

Sejumlah besar pelanggan membaca ulasan online sebelum melakukan pemesanan, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk mengelola ulasan tamu. Ada sejumlah cara untuk mencapai hal ini, mulai dari memberikan pengalaman pelanggan yang sangat baik, mendorong tamu Anda untuk meninggalkan ulasan, dan meluangkan waktu untuk menanggapi umpan balik.

Cobalah untuk mengidentifikasi keluhan umum dengan cepat dan bekerja untuk menyelesaikan masalah. Pastikan Anda memperbarui semua informasi tentang hotel Anda, sehingga orang-orang tidak memiliki harapan yang salah, dan berusaha untuk tidak bersikap defensif yang tidak perlu. Lebih baik mengakui kesalahan Anda dan berusaha untuk memperbaiki daripada menyalahkan pelanggan atau menyangkal masalah yang ada.

9. Memanfaatkan Peluang Promosi OTA

Salah satu cara mereka dalam industri perhotelan dapat mengambil keuntungan penuh dari apa yang ditawarkan oleh agen perjalanan online adalah dengan memanfaatkan beberapa penawaran khusus yang tersedia. Ini bisa menjadi sangat penting selama periode permintaan rendah, di mana memastikan kamar ditempati menjadi prioritas utama.

Contoh dari beberapa peluang promosi yang tersedia termasuk membayar untuk penempatan yang lebih tinggi pada mesin pencari OTA, atau menjalankan kampanye iklan untuk menargetkan demografi tertentu pada waktu tertentu. Anda juga dapat membayar komisi lebih tinggi dengan imbalan paparan yang lebih besar, atau bergabung dengan promosi penawaran khusus yang ditawarkan oleh beberapa OTA.

10. Terus Tinjau Hasil OTA Anda

Akhirnya, bahkan ketika mengikuti semua tips yang diberikan, kecil kemungkinan Anda akan menciptakan strategi OTA yang sempurna pada saat pertama kali bertanya. Karena itu, sangat penting untuk terus meninjau hasil Anda, sehingga Anda memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana kinerja hotel Anda, apa yang berjalan dengan benar, dan di mana ada ruang untuk perbaikan.

Luangkan waktu untuk memantau hasil dan membuat penyesuaian harga bila perlu. Perhatikan agen perjalanan online mana yang bekerja dengan baik untuk Anda dan mana yang gagal menghasilkan pengembalian investasi yang tepat. Melacak metrik kunci dan pastikan Anda mendiskusikan peluang baru atau alternatif dengan berbagai manajer pasar.

Cloudbeds

OTA vs Situs Web Hotel Anda

OTA Channel Manager adalah saluran distribusi penting, yang memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, dan OTA juga berfungsi sebagai mitra pemasaran utama untuk hotel Anda. Dengan itu dikatakan, channel manager yang paling penting adalah situs web hotel Anda sendiri, karena Anda tidak perlu membayar komisi untuk pemesanan langsung dan membuat hubungan langsung dengan tamu Anda.

Jika Hotel Anda belum memiliki website sendiri, Anda bisa menghubungi tim narasumber.id untuk membantu Anda dalam pembuatan website dengan desain yang menarik, user friendly, serta di-optimasi sehingga memudahkan search engine untuk menemukan website Anda dengan keyword tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *